Kamis, 14 September 2017

Kerupuk Kulit Asli Garut

Kerupuk Kulit Asli Garut

Selain yang populer jadi makanan keunikan garut yaitu dodol, Garut juga populer dengan beragam makanan ciri khas nya, yakni Kerupuk kulit serta Dorokdok, Jeruk garut, Burayot, Ladu, Angleng , kopi luwak serta Wajit, sambel cibiuk serta Ceprus. 

Satu diantara diantara nya yakni kerupuk kulit serta dorokdok ciri khas Garut yang di proses dari kulit sapi serta kerbau. Kerupuk kulit serta dorokdok yaitu makanan tradisionil ciri khas Kota Garut yang Rasa-rasanya gurih, renyah, ditanggung asli serta enak. Cara membuat kerupuk kulit serta dorokdokpun nyatanya tidak semudah yang dipikirkan. Sistem pembuatan kerupuk renyah ini melalui sebagian step serta membutuhkan saat sekitaran empat hingga 7 hari, dan begitu tergantung pada cuaca. 

Kerupuk Kulit Asli Garut

Kerupuk kulit serta dorokdok semacam namun berbeda. Dorokdok yaitu arti yang di gunakan oleh orang-orang di garut untuk mengatakan semacam kerupuk kulit. Meskipun keduanya sama memakai bahan baku kulit, yang membedakan pada Dorokdok serta kerupuk kulit yaitu type kulit hewannya, salah satunya, yakni bila Dorokdok di buat dari kulit sapi, jadi “kerupuk kulit” memakai bahan baku dari kulit kerbau. Pemakaian bahan baku dari kulit sapi, konon buat Dorokdok mempunyai rasa yang lebih gurih dari pada kerupuk kulit, walau demikian itu bergantung dari lidah yang menikmatinya, tetapi sistem pembuatan Dorokdok tidak tidak jauh berlainan dengan kerupuk kulit, termasuk juga pemakaian bumbu-bumbu yang di proses nya. 

Makanan ini berkembang bersamaan dengan adanya banyak penyamakan kulit di kabupaten Garut yang di untuk jadikan Jaket, Sepatu, sendal, tas serta yang lain memiliki bahan basic kulit sapi, kambing serta Domba. karna pada sistem penyamakan ada sisi berbahan baku kulit yang dibuang jadi bahan baku itu dapat di proses jadi makanan yang di namai kerupuk Kulit serta Dorokdok.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar