Kamis, 15 Maret 2018

Cara Menggoreng Kerupuk Kulit

 

Cara Menggoreng Kerupuk Kulit

Semua kalangan menyukainya, entah itu kerupuk kulit ikan, kulit sampi atau kulit apapun cita rasa yang dihasilkan sungguh nikmat. Cara pengolahan kerupuk yang benar tentu akan menghasilkan rasa yang enak. Penggunaan bahan - bahan yang steril dalam menggoreng juga menjadi salah satu alasan rasa kerupuk menjadi lebih nikmat. Lantas pernahkan anda terbesit sebuah pikiran, bagaimana cara menggoreng krupuk kulit yang benar? Tentu hal sepele semacam ini sering sekali muncul dibenak banyak orang. Berikut adalah cara menggoreng kerupuk kilit yang baik dan benar. Dan tentunya hasil pengolahan akan menghasilkan rasa yang sedap. 
Pertama tentu menyiapkan alat dan bahan untuk menggoreng. Ingat, bahan yang digunakan adalah bahan yang steril yaitu minyak goreng baru. Panaskan minyak diatas penggorengan menggunakan api kecil. Jika menggunakan api yang besar, dikhawatirkan kerupuk akan mudah gosong. Setelah dirasa cukup panas masukkan krupuk kulit yang telah dijemur. Proses penggorengan pertama ini biasa disebut pembaceman. Tunggu sampai kerupuk mengembang. Lihat pula pori - pori kerupuk yang terlihat lebih mengembang serta kerupuk akan mulai mengambang. Setelah semua mengambang, pindahkan krupuk pembaceman kepenggorengan lain yang telah diisi minyak baru. 

Nah, minyak bekas pembaceman disingkirkan dan disimpan untuk proses pembaceman berikutnya. Cara menggoreng krupuk kulit selanjutnya yaitu menyaring krupuk dari hasil pembaceman. Perlu tenaga ekstra dan ketelitian. Karena anda harus menyaring satu per satu sampai kadar minyak berkurang. Kemudian siapkan sarung tangan, masker, dan penutup kepala. Benda tersebut digunakan pada penggorengan kedua. Karena minyak yang digunakan baru, diperlukan keamanan ekstra karena cipratan yang dihasilkan akan sangat banyak. Setelah kerupuk dimasukkan penggorengan kedua, tunggu hingga kerupuk dapat mengembang sempurna.

Jika hasilnya maksimal, maka kerupuk yang pada awalnya berukuran sebesar ibu jari bisa mengembang hingga sebesar telapak tangan. Tentunya ditunjang dengan pengolahan yang benar. Seperti mengatur api yang jangan terlalu besar dan juga minyak yang digunakan. Nah, pada saat seperti ini perasaan sangat dibutuhkan. Jangan tunggu kerupuk hingga berubah warna kecoklatan. Karena rasa yang dihasilkan akan menjadi pahit. Cukup goreng kerupuk sampai warnanya keemasan. Jika sudah, angkat kerupuk dan tiriskan. Tunggu saja sampai kerupuk benar - benar dingin dan minyaknya mulai hilang. Setelah itu anda bisa menyiapkan bumbu kesukaan anda.

Jika anda ingin kerupuk lebih kaya rasa, anda bisa menambahkan bumbu balado atau bumbu yang lain. Setelah kerupuk dingin, masukkan kedalam plastik atau wadah yang tertutup. Campurkan bersama bumbu. Dan jadilah kerupuk kulit kaya rasa kesukaan anda. Perlu anda ketahui, kerupuk kulit mengandung lemak karena berasal dari kulit hewani. Setelah digoreng kadar lemak pada kerupuk akan semakin banyak. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi anda yang ingin gemuk, namun sangat tidak dianjurkan bagi anda yang membatasi konsumsi lemak. Tentu cara menggoreng krupuk kulit yang sesuai akan mempengaruhi cita rasa dan kandungan nilai gizi dalam kerupuk tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar