Kamis, 15 Maret 2018

Keunikan Kerupuk Kulit




Keunikan Kerupuk Kulit
Kerupuk yang satu ini menjadi unik, karena selain popular, krupuk kulit adalah penganan yang memiliki kandungan gizi terbaik dibandingkan jenis krupuk lainnya. Di Jawa Barat kerupuk kulit dikenal dengan sebutan drokdok, sedang di sebagian daerah lain kerupuk kulit disebut juga rambak atau jangek. Kerupuk kulit biasanya terbuat dari kulit sapi, kulit kerbau atau juga kulit ikan. Sebelum dimasak, kulit-kulit tersebut diberikan bumbu rempah dan penambah rasa.
Setelah mengalami proses perebusan dan pengeringan pada terik matahari sekitar 2 hingga 3 hari, kerupuk mentah yang telah dipotong atau diiris siap digoreng dan dihidangkan. Makan ringan ini terasa nikmat jika dimasukan ke dalam kuah mie bakso, mie kocok, atau makanan berkuah lainnya. Di Kota Yogyakarta, kerupuk kulit ini menjadi salah satu bahan dalam memasak gudeg.
amai. Ada sisi positif dari menyantap kerupuk jumbo tersebut yaitu kebersamaan.Berdasarkan hasil penelitian dari Pusat Penelitian Penyakit Tidak Menular Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI, kerupuk kulit merupakan kerupuk paling bergizi dibandingkan kerupuk berbahan tapioca, terigu dan kedelai. Berbagai macam gizi seperti protein, karbohidrat, lemak serta mineral, terkandung di dalamnya. Kerupuk kulit mengandung 82,9 persen protein. Sedangkan mineral seperti kalsium, fosfor dan besi yang terkandung sebanyak 0,04 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar